Setting Volume Mp3


Mp3 merupakan format lagu yang populer dan sering sobat gunakan. Mudah dicari dan disimpan di media portable seperti handphone dan MP3/MP4 player. Tapi kadangkala diantara sobat pernah mendapatkan volume lagu mp3 yang terdengar tidak normal. Kadang terlalu keras atau terlalu pelan. Yang saya maksud bukan setting volume dari media player yang bermasalah tapi ini masalah pada volume dari lagu mp3 itu sendiri. Banyak software yang bisa digunakan untuk menormalkan volume mp3 diantara yang akan saya jelaskan adalah Mp3 Gain. Software Mp3 Gain bisa didapatkan gratis, search aja di pakde Google. Atau sobat bisa ambil di “donlot wae box” di blog ini. Pemakaiannya bagaimana ? tenang sobat saya akan jelaskan sebentar lagi…


Baiklah sobat, pertama install Mp3 Gain kemudian klik iconnya yang ada di desktop, kalo gak ada di desktop, coba cari lewat menu START, kalo gak ada juga ya mungkin installannya perlu di ulang atau kompi sobat ber-virus.

Oke selanjutnya klik Add File dan pilih lagu mp3 yang mau di eksekusi dan klik open.


Klik track analysis.


Dan lihat pada kolom volume disitu tertera nilai volume dari masing-masing lagu. Lihat juga kotak diatasnya bahwa default atau nilai normal volume adalah 89,0 dB.


Untuk merubah setting volume pada lagu maka sobat pilih salah satu atau beberapa lagu dengan diblok lalu klik kanan pada mouse lalu pilih “apply constant gain” kemudian geser ke kiri ( untuk mengecilkan ) atau ke kanan ( untuk membesarkan ) setelah memilih klik “OK”. Kalo menurut pengalaman saya biasanya volume yang enak di dengar telinga itu ukuran “track gainnya” antara -7,5 sampai -10,5. Nilai ini untuk setting volume level sedang pada media player. Jika nilai “track gain” di luar batas itu maka lagu Mp3 yang di dengar kecil atau menjadi pecah suaranya. Tapi ini bukan patokan baku, jadi sesuai selera dari sobat masing-masing. Demikianlah uraian saya, jika ada tambahan atau kekurangan silahkan beri tanggapannya, sobat. Thank’s.

plentiswae.wordpress.com20090722setting-volume-mp3

12 comments on “Setting Volume Mp3

    • Wah berat nih Sob, Ane belon nemu aplikasi setting Volume Mp3 buat ponsel Symbian 3rd. Tapi masak kagak ada persewaan kompi di tempat Agan ?

  1. You you could change the page title Setting Volume Mp3 plentisWae to more generic for your subject you create. I loved the the writing even sononetheless.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s