Setting volume midi polyponik


Hah midi ? apaan tuh ? Ya kedengaran asing ditelinga sobat karena sekarang jamannya sudah serba mp3, wav, mp4 atau empe apalagi nanti kira-kira menurut sobat ? Jadul bin kuno deh kalo hari gene masih polyponikan, eeiittt tapi tunggu dulu ada seorang pelanggan yang pernah curhat ke saya kalo beliau lebih senang memakai Nokia 3310 dibanding memakai hp canggih lainnya. Alasannya sederhana yaitu karena suka dengan volume deringnya yang nyaring melengking, ya maklum saja wong beliau sudah berusia diatas 50 tahun. Beliau seorang dosen di sebuah universitas di Bogor. Nah volume dering yang dimaksudkannya adalah midi atau polyponik, hanya melodi tanpa suara penyanyi. Walau kelihatan nggak keren tapi bisa jadi masih di suka mbah, nenek, oma, pakde, bulik atau tante sobat sekalian. Apa salahnya menyenangkan hati mereka dengan sedikit berkreasi mengolah setting volume midi agar lebih enak di dengar telinga.

Volume midi terkadang bisa terlalu pelan atau terlalu keras. Untuk mensiasati hal ini mudah saja, yaitu dengan mensetting ulang volume midi tersebut memakai program PSMPlay. Bisa sobat ambil di donlot wae box. Aturan pakainya sebagai berikut …

1. Siapkan file midi atau polyponik yang akan sobat setting. Jika belum tersedia di komputer, transfer midi yang ada di ponsel lewat infrared, bluetooth atau kabel data. Untuk teknis transfer data tidak bisa saya jelaskan sekarang karena memerlukan pembahasan tersendiri. Buka program PsmPlay 5.0 kemudian klik File – Open dan pilih file midi di folder tempat sobat menyimpannya.

2. Kemudian klik tombol Play untuk mencoba dengarkan volume midi apakah terlalu kecil atau terlalu keras.

3. Setting volume midi menggunakan tombol “-” dan “+”

4. Kemudian simpan setting tadi dengan klik tombol File pilih Create Midi isilah Title dengan judul sesuai keinginan sobat. Option File size limit (byte) agar diisi sesuai dengan besar midi yang kita setting, besaran tidak boleh kurang tapi jika lebih tidak masalah.

5. Tekan Ok untuk menyimpan. Selesai.

2 comments on “Setting volume midi polyponik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s