Virus dan AntiVirus Ponsel


Biohazard Virus. Kata ini selalu identik dengan penyakit yang mewabah atau menular. Virus ponsel merupakan program ponsel yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus ponsel dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus ponsel dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna ponsel merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus ponsel adalah sejenis virus komputer yang menyebabkan aplikasi ataupun fitur ponsel tidak dapat digunakan semestinya. Kecanggihan ponsel hampir mendekati teknologi komputer. Ponsel juga telah menggunakan sistem operasi terbuka sehingga aplikasi buatan pihak ketiga bisa melengkapi kecanggihan dari fungsi standar pabrikan. Sistem operasi terbuka inilah yang akhirnya menjadi celah bagi masuknya program jahat seperti virus, worm dan juga Trojan horse. Biasanya virus disamarkan dalam bentuk yang menarik seperti game ataupun gambar. Supaya lebih menarik lagi, permainan ataupun gambar tersebut diselipkan kata-kata yang vulgar.

Adapun jenis-jenis virus yang dapat merusak ponsel adalah :
1. Worm
Worm atau cacing adalah virus yang bertempat tinggal pada memori ponsel yang aktif dan bisa menduplikasi dengan sendirinya. Worm menyebar ke ponsel lain melalui email, chatting, LAN, dan Bluetooth. Contoh virus jenis worm ini adalah Cabir. Cabir menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk ke dalam ponsel melalui inbox. Saat sobat mengklik file sis tersebut dan menginstallnya, Cabir mulai mencari mangsa baru ponsel dengan akses Bluetooth terbuka untuk menginfeksinya. Nama lain dari Cabir adalah SymbOS/Cabir.A atau bisa juga dinamai Cabir.A Worm atau bisa juga disebut virus Caribe. Cabir akan mengaktifkan Bluetooth secara periodik sekitar 15-20 menit sekali. Tidak ada kerusakan file yang terjadi apabila ponsel sobat terkena virus ini maka baterai akan cepat habis untuk mencari perangkat Bluetooth lainnya. Untuk mencegahnya yang dapat sobat lakukan adalah matikan fitur Bluetooth pada ponsel sobat dan sobat hanya mengaktifkan kalau dibutuhan saja. Selain Cabir salah satu jenis virus worm lainnya adalah Commwarrior yang menyebar melalui MMS dan koneksi Bluetooth. Setiap tanggal 14, ponsel akan mereset dengan sendirinya. Nama lain dari Commwarrior antara lain adalah SymbOS/commwarrior. Commwarrior menyebar dengan cara mengirim file yang menarik ke ponsel sobat. Satu lagi Commwarrior juga mengubah logo operator menjadi logo virus seperti ini Logo operator Commwarrior . Logo ini tetap ada walaupun virusnya sudah dibasmi, tapi sobat tak usah kuatir karena logo ini tidak berbahaya. Cara menghilangkannya gunakan File Manager lalu buka C:\System\apps\phone\Oplogo kemudian hapus file berekstensi bmp disana. Terakhir restart ponsel dan lihat hasilnya. Salah satu cara untuk mencegah worm adalah dengan tidak menggunakan Bluetooth secara sembarangan dan jangan menerima file yang tidak diketahui asal-usulnya.

2. Trojan Horse
Trojan Horse adalah suatu program jahat yang berpura-pura ramah. Trojan dapat merusak program pada ponsel. Trojan tidak dapat menduplikasi dirinya seperti worm. Salah satu jenis dari Trojan adalah Skulls dengan nama lengkap SymbOS.skulls. Nama lain dari virus ini adalah SKULLS.A. Skulls akan mengganti sistem di dalam ponsel dan menyebabkan ikon menu utama berubah menjadi gambar tengkorak. Tidak hanya gambar yang diubah, Skulls juga akan melumpuhkan aplikasi yang ikonnya tadi dirubah. Jadi pada saat kita memencet ikon dari aplikasi tersebut, maka akan muncul pesan sistem eror. Terdapat tiga jenis skulls yaitu Skulls A, Skulls C, dan Skulls H. Cara mencegah virus ini adalah dengan menolak menginstall aplikasi ini dan selalu menutup koneksi Bluetooth saat tidak dibutuhkan. Salah satu jenis virus Trojan lainnya adalah Doomboot. Virus yang bernama lengkap SymbOS.Doomboot.A. Cara kerja dari virus ini adalah dengan membuat file korup dan setelah ponsel terinfeksi maka virus lainnya akan ditempatkan dalam ponsel sobat. File yang korup tadi akan membuat ponsel tidak dapat melakukan booting. Virus ini masuk ke dalam ponsel dengan seakan-akan menyerupai game Doom versi symbian. Virus ini sangat pandai menyaru, karena setelah ponsel terinfeksi, tidak ada tanda apapun bahwa ponsel telah terinfeksi virus. Virus ini juga secara otomatis akan menyebar melalui Bluetooth dan mengakibatkan konsumsi baterai ponsel menjadi berlebihan sehingga baterai cepat habis. Doomboot akan membuat ponsel tidak dapat melakukan booting saat kita mematikan ponsel dan menyalakan kembali.

Cara Penyebaran Virus
Virus ponsel menyebar melalui media berikut: bluetooth, infrared, Wi-Fi, dan kabel data serta internet. Ponsel semakin rawan dengan infeksi virus dan ini dikarenakan handphone sudah menjadi peranti canggih untuk komunikasi data. Walaupun pemakaian handphone yang mampu mengirim dan menerima file (smartphone) masih terbatas, namun hal ini harus tetap diwaspadai pada masa-masa yang akan datang. Bagi perusahaan yang karyawannya banyak menggunakan PDA phone atau smartphone, maka ancaman virus bagi jaringan perusahaan tersebut bisa semakin meningkat. Untuk itu dibutuhkan keamanan yang baik pada lingkungan perusahaan tersebut.

Berikut adalah nama-nama virus yang sudah dikenal yaitu :
1. Worm.SymbOS.Cabir
Tanggal terdeteksi : Juni 2004
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menyebar via Bluetooth
Perantara infeksi : Bluetooth
Jumlah varian : 11

2. Virus.WinCE.Duts
Tanggal terdeteksi : Juli 2004
System operasi : Windows CE
Kemampuan : Sebagai file penular
Perantara infeksi : File API
Jumlah varian : 1

3. Backdoor.WinCE.Brador
Tanggal terdeteksi : Agustus 2004
System operasi : Windows CE
Kemampuan : Menyediakan akses remote melalui jaringan
Perantara infeksi : Jaringan API
Jumlah varian : 1

4. Trojan.SymbOS.Mosquit
Tanggal terdeteksi : Agustus 2004
System operasi : Symbian
Kemampuan : Mengirim SMS
Perantara infeksi : SMS
Jumlah varian : 1

5. Trojan.SymbOS.Skuller
Tanggal terdeteksi : November 2004
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menggantikan ikon file
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 12

6. Worm.SymbOS.Lasco
Tanggal terdeteksi : Januari 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menyebar melalui Bluetooth
Perantara infeksi : Bluetooth, File API
Jumlah varian : 1

7. Trojan.SymbOS.Locknut
Tanggal terdeteksi : Februari 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menginstall aplikasi yang rusak
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 2

8. Trojan.SymbOS.Dampig
Tanggal terdeteksi : Maret 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menggantikan aplikasi sistem
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 1

9. Worm.SymbOS.Comwar
Tanggal terdeteksi : Maret 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menyebar melalui Bluetooth dan MMS
Perantara infeksi : Bluetooth dan MMS
Jumlah varian : 2

10. Trojan.SymbOS.Drever
Tanggal terdeteksi : Maret 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menggantikan fungsi boot aplikasi antivirus
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 3

11. Trojan.SymbOS.Fontal
Tanggal terdeteksi : April 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menggantikan file-file font
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 2

12. Trojan.SymbOS.Hobble
Tanggal terdeteksi : April 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menggantikan aplikasi system
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 1

13. Trojan.SymbOS.Appdisabler
Tanggal terdeteksi : Mei 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menggantikan aplikasi system
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 2

14. Trojan.SymbOS.Doombot
Tanggal terdeteksi : Juni 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menggantikan aplikasi sistem dan menginstall virus Comwar
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 1

15. Trojan.SymbOS.Blankfont
Tanggal terdeteksi : Juli 2005
System operasi : Symbian
Kemampuan : Menggantikan file font
Perantara infeksi : OS yang rentan
Jumlah varian : 1

Adapun virus ponsel yang terdeteksi setelah bulan Juli 2005 sampai dengan sekarang antara lain :
Skudoo.B, InstallGuide.A, Feixiang.A, Smsevt.A, AppT.A, Pbevbow.A, PBSender.B, PhUnlock.A, ThemeAssist.A, SuperFairy.D, Skulls.BY, Orc.A, MessageDemo.B, MultiDropper.CE, GoldRing.A, MultiDropper.CL, MultiDropper.CD, Sysnote.A, FakeNQkiller.A, MultiDropper.CA, MultiDropper.BT, Srvfd.A, MultiDropper.BC, Smart5.A, SCHOSHOR.A, AVKiller.A, Virus Viver.C, DefWatch.A, SisBoom.C, LoveSong.A, ZTJL.A, Transmitter.C, SmsBomb.C, SkinServer.A, SmsSniper.B, SisBoom.B, SmsAdvert.A, Lxyes.C, ThemeShell.A, IconHidden.A, SmsSniper.A, SmsSniper.A, Nw.A, DrmComnon.A, ShiningCode.A, IGuoDong.A, SuperFairy.C, Virus Viver.B, MsSver.B, Splashstall.A8, SmsSniper.D, WhiteScreen.C, SpeakDoom.B, SuperFairy.B, LinkHttp.C, Splashstall.A2, ThemeShell.B, Virus Viver.A, SkinElf.B, SpeakDoom.A, SuperFairy.A, ShutDown.B

Antivirus ponsel
Serangan virus yang sulit untuk dihindari, memacu perusahaan pengembang software untuk membuat antivirus yang tepat. Beberapa contoh antivirus ponsel antara lain adalah:
1. Removal F-Secure Skulls
2. Removal F-Secure Locknut
3. Removal F-Secure Commwarrior
4. AntiCommwarrior CD
5. SimWorks AntiVirus v1.24
6. http://www.kaspersky.com/downloads/wap/downloads/decabir.sis
7. http://www.netqin.com/en/products/antivirus/download/ Logo NetQin ( ini rekomendasi saya🙂 karena menurut pengalaman AV ini mudah diinstall, register otomatis, database virus yang bisa dibasmi banyak dan yang penting mudah update dengan syarat gprs / internet harus aktif. Update awal biasanya memotong biaya pulsa antara 2000 – 5000 rupiah. Bagi saya no problem yang penting data ponsel aman dari kerusakan virus )

Dan masih banyak lagi antivirus ponsel yang lainnya. Intinya semua antivirus ponsel itu bagus asalkan sobat rajin update supaya bisa mendeteksi virus-virus baru yang juga tak mau kalah selalu mengupdate dirinya. Antivirus yang terpasang pada ponsel tidak boleh lebih dari satu jenis karena bisa menyebabkan system ponsel menjadi tidak stabil atau sering hang. Dan jika semua anti virus sudah dicoba ( sudah update ) dan tetap tidak bisa menghilangkan virus yang membandel di ponsel maka langkah pamungkas😦 untuk membasmi virus adalah dengan metode master reset. Akhir kata semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat ponsel mania. See you next time.

* Sumber :
http://www.kaspersky.com/
http://www.netqin.com/en/
http://www.viruslist.com/
http://id.wikipedia.org/

5 comments on “Virus dan AntiVirus Ponsel

  1. siang gan, ane ad msalah ama n81_8gb sbelumnya udah hacked, krna kbanyakan moding jdi hang. Trus ane hard reset 3 jari, ehh.. skg malah parah, klo nginstal aplikasi hpnya macet, ga bisa di apa2in..
    Mohon bantuanya gan ..
    Thanx..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s