Tips Ponsel Kena Air


Musim hujan telah tiba. Berarti musim banyak air. Berbicara masalah air pastilah pikiran sobat langsung menyebutkan air hujan, air laut, air selokan😦 air susu, air kopi, air teh bahkan mungkin terlintas pikiran tentang air seni atau air WC ( hiiy jorok, tapi ini pernah terjadi pada pasien saya lho!). Air merupakan benda cair yang termasuk didalamnya minyak goreng dan sebangsanya, adonan roti dan sejenisnya atau bahan cair mengandung kimia lainnya. Nah saya tidak membahas masalah perairan tapi tentang bergabungnya air dengan peralatan elektronik semisal ponsel dan itu apakah di sengaja ataupun tidak oleh sobat sekalian. Aduh ngomong apa sih ini ? Oke dah sebenarnya yang saya maksudkan adalah bagaimana seandainya ponsel sobat terkena cairan ? Apa yang akan sobat perbuat ? Lalu bagaimana menghindari hal itu terulang kembali tidak terulang kembali ? Dan satu lagi sebenarnya saya bete banget bikin postingan dengan judul Tips Ponsel Kena Air ini karena bisa mengurangi jumlah pasien saya ………..:mrgreen: tetapi hati nurani saya berkata berbagi ilmu itu adalah pahala. So berikut ini adalah tips tentang ponsel bagaimana cara mengatasi dan mencegah kena air :


MENGATASI PONSEL KENA AIR

1. Pisahkan air dengan ponsel, maksudnya segera angkat ponsel dari air ( kalau kecebur selokan atau WC ya tutup hidung dulu lah:mrgreen: ). Kalau tersiram / kena air hujan segera cari tempat berteduh. Kalau kecemplung laut / sungai segera ke ITC …….. Lho ? Iya maksud saya beli lagi gitu loh😛. Kalau terjatuh ke peleburan besi cair di Krakatau Steel ? Ya sorry aja “no tips for this problem” he he he emangnya ada kasus seperti ini ? Coba aja wawancara sama karyawan Krakatau Steel mungkin hal itu pernah terjadi ( jadi kurang kerjaan ya ? ). Penting diketahui : Jangan sekali-kali menghidupkan ponsel langsung setelah terkena cairan karena bisa berakibat komplikasi / korsleting dan sulit diperbaiki lagi.

2. Lepaskan baterai dari tempatnya sesegera mungkin dan jangan mengulur-ulur waktu. Time is money, baterai yang terlalu lama pada ponsel basah dan tidak segera dikeluarkan maka harga ponsel tersebut akan turun drastis. Ini dikarenakan kerusakan ponsel yang semakin sulit di perbaiki sehingga harga jual kembali menjadi lemah atau bahkan tidak berharga sama sekali ( hi hi hi kayak pakar ekonomi aja bahasanya ).

3. Lepaskan casing ponsel sebisa mungkin. Kalau sobat mempunyai casing yang rumit membukanya ada baiknya sobat mengetahui pedoman cara membuka casing ponsel baik itu untuk type lama atau type ponsel keluaran baru. Tapi jika ragu melepaskan casing ya cukup kerjakan langkah no.1 dan 2 dulu saja.

4. Keringkan dan bersihkan ponsel dari cairan. Caranya ditiup atau disedot ( peringatan: jangan pakai mulut sebab udara asam dari mulut bisa menyebabkan komponen pada ponsel berkarat, apalagi habis makan mangga muda …..:mrgreen: ). Maksud ditiup adalah diangin-anginkan, boleh pakai kipas angin atau kompressor. Jangan memakai hairdryer atau di jemur di panas matahari karena bisa menyebabkan kerusakan pada casing plastik atau LCD ( lcd tidak tahan panas ). Sedangkan di sedot maksudnya cairan di dalam ponsel ditarik / diserap keluar dari body atau komponen ponsel. Boleh memakai tissue, kain katun kering, vacum, silica gel atau beras.

Silica gel adalah bahan penghilang kelembaban udara dalam kemasan obat-obatan. Bisa didapatkan di apotik terdekat. Cara pakainya sebagai berikut :
– Siapkan toples bertutup yang cukup untuk ukuran ponsel korban water damage
– Masukkan ponsel dan beberapa bungkus silica gel kedalam toples dan tutup rapat
– Tunggu selama kurang lebih 5X24 jam sampai cairan dalam ponsel benar-benar kering, bisa dipercepat jika silica gelnya banyak.

Beras adalah makanan pokok dari negara Asia, selain bervitamin dan mengenyangkan ternyata ada manfaat lain yang terkandung di dalam butir putih ini. Yaitu sebagai pengganti silica gel, caranya ? Begini, siapkan baskom / wadah kosong yang muat ukuran ponsel lalu masukkan atau rendam ponsel didalam beras kering ini, tidak perlu ditutup. Diamkan sampai beberapa hari sampai yakin cairan dalam ponsel sudah kering. Setelah itu keluarkan ponsel tadi dan cuci beras, lho kok ? Masaklah beras menjadi nasi uduk atau nasi kuning. Hidangkan bersama ayam panggang dan sambal …… he he he untuk hidangan yang satu ini kirim saja ketempat saya ya sob !:mrgreen:

Pengalaman pribadi :
Bagi sobat yang hoby utak-utik dan dapat membuka ponsel sampai bisa melepas papan PCB / mesin ponsel, maka saya ada tips cara menghilangkan kotoran cairan yang sifatnya pekat, berprotein semisal air teh, kopi, susu, adonan tepung, air seni atau mungkin minyak dari papan PCB. Caranya : Pertama siapkan cairan pembersih berupa soda api, kalau tidak ada bisa juga bahan-bahan yang mengandung soda api misalnya sabun cream / shampo atau yang sejenisnya. Soda api berfungsi melunturkan noda dari jenis protein dan minyak. Gunakan bahan ini untuk membersihkan noda pada PCB atau casing ponsel. Pakailah sikat gigi halus agar tidak merusak komponen lalu keringkan semuanya.

5. Jika yakin ponsel sudah kering, coba pasang baterai dan hidupkan ponsel. Jika tidak bisa dihidupkan coba lepas baterai dan charge dengan desktop baterai dan coba lagi pasang baterai pada ponsel dan hidupkan. Rasakan body ponsel jika panas maka dapat di pastikan ponsel korsleting dan serahkan pada teknisi ponsel kepercayaan sobat untuk penanganan selanjutnya. Jika tidak panas dan tetap tidak mau hidup ya terpaksa serahkan juga ke dokter ponsel😦

MENCEGAH PONSEL KENA AIR

1. Jika hendak bepergian ( terutama musim hujan ) bawalah plastik, lebih bagus lagi yang ada sealnya atau klip. Gunakan untuk melindungi ponsel dari air.

2. Jika terpaksa tidak menemukan plastik, maka lepaskan baterai dari ponsel dan letakkan ditempat terpisah. Walaupun ponsel terkena air tidak masalah karena dalam keadaan tidak hidup. Nanti ponsel dapat dikeringkan dahulu memakai cara diatas lalu pasang lagi baterai, mudah bukan ?

3. Belilah ponsel anti air. Misalnya ponsel dari group Sonim, Samsung B2100 Explorer dll.

4. Jangan bepergian diwaktu hujan dengan membawa ponsel dan jangan masukkan ponsel ke air …………………………. he he he ya iyalah ! Masak ya iya dong !

Demikianlah tips ponsel kena air ini semoga bermanfaat bagi sobat semua🙂

21 comments on “Tips Ponsel Kena Air

  1. Saya ramadhan kelas 6 sdsn di dewi sartika cipanas
    saya mempunyai hp cross yg banyak game nya
    saya lagi buang air kecil
    pas mau sebor saya meyimpan hp di kantong celana saaya
    saya lupa kantong celana saya bolong
    si hp terjun ke kloset
    yang cuman bisa meyimpan di beras
    sudah di jemur
    saya menyimpan nya lagi di beras berapa lama nya
    terima kasih

  2. Tapi masih bisa hidupkah atau diservis bila hp tercebur diwc tp baterenya tdk dilepas dr hp

    Tapi masih bisa dihidukan atau diservis bila hp tercebur diwc bila baterenya tdk dilepas. Terimakasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s