Cara Buka Casing Dan Ganti LCD SonyEricsson W910i



Tipis dan tampak elegan itulah sekilas yang terlintas dibenak sobat jika melihat ponsel di atas. Kelihatannya sulit untuk membuka casing ponsel ini. Bagi sobat yang penasaran, saya akan memberikan langkah-langkah cara membuka casing dan mengganti lcd SonyEricsson W910i ini. Berikut caranya :

1. Lepaskan penutup belakang dan baterai. Geser slider ke atas dan sobat dapat mengakses dua sekrup yang tersembunyi di bawah dua stiker plastik di bagian atas slide, buka dua sekrup ini dengan obeng (+) philips. Buka juga dua sekrup dibawah baterai dekat stiker IMEI menggunakan obeng T6. Ada juga dua sekrup yang tidak dilingkari itu tidak perlu di buka jika sobat hanya ingin membuka lcd.

2. Sobat sekarang dapat membuka penutup depan. Jalankan kuku sobat di sepanjang tepi penutup untuk membuka klip dari sisa penutup depan ponsel.

3. Sekarang sobat akan mendapati ponsel dalam dua bagian, seperti di bawah ini. Lepaskan satu sekrup silver dengan obeng (+) philips.

4. Sobat saat ini dapat mengangkat lcd dari ponsel. Bagian dari tombol kontak masih terikat oleh pita flexible yang menghubungkan bagian atas ponsel dengan bagian mesin utama dibawahnya, seperti sebuah plug dan soket. Cukup angkat ke atas dengan hati-hati untuk mencabut pita flexible ini agar lepas dari soketnya.

5. Nah lcd sekarang siap di ganti. Perhatikan bahwa masih ada 2 buah soket pita flexible di badan ponsel yang tidak perlu di angkat. Setelah penggantian lcd, kembalikan seluruh prosedur pemasangan.

Demikianlah cara membuka casing dan mengganti lcd SonyEricsson W910i, mudah bukan ? 😉

* Baca juga :
Cara buka casing Nokia 3250
Cara membuka casing hp dan ganti lcd sendiri
Lcd kompatibel
Tips ponsel kena air

75 comments on “Cara Buka Casing Dan Ganti LCD SonyEricsson W910i

    • Ini kemungkinannya :
      – Lcd tidak ori
      – Kabel flexible antara mesin atas (lcd) dan mesin bawah (pcb utama) itu ada jalur yang putus alias sobek
      – ic display rusak
      – Coba cek untuk call out / call in dan apakah ponsel bisa dimati-hidupkan melalui switch on-off ? Jika jawabannya tidak bisa ada kemungkinan softwarenya rusak. Tinggal install ulang saja.
      Moga jelas Sob ^_^

  1. thanks info na bgus bnget…

    kL mw ganti fleksibel na gimana cara buka chasing belakang na bosss???

    • Tergantung kondisi ponselnya, apakah habis jatuh / kena air / tidak keduanya artinya karena umur pamakaian. Kalau jatuh, kemungkinan : konektor flexible renggang / lepas / sobek / kerusakan di bagian hardware lain ( ic keypad / cpu )
      Kalau kena air, kemungkinan : korosi pada konektor flexible / / korosi pada keytone / kerusakan jalur papan keypad / ic keypad rusak.
      Kalau umur pemakaian : keytone / rusak flexiblenya

    • Kalau ganti flexiblenya ya dibongkar bagian atas dan bawahnya ( bongkar total ). InsyaAlloh pada postingan yang akan datang akan saya ulas.

  2. punya gw w910i kalo di slide keatas dia mati ( layarnya blank item )
    pas dikembaliin ke posisi normal dia nyala lagii, kenapa yaa ?

    bantu pleasee

  3. tolong bantuannya,.. punya gw se w910i pada tombol bagian atas selain tombol angka tidak berfungsi semua,..

  4. Gan..klo G 705 sama ga??aq coba bongkar, tp casing depannya masih ada yang nyangkut bagian bawahnya, ky ada skrup..mohon pencerahannya….

  5. Mau tanya neh, w910 saya casing depan(lcd) dan blkg(keypad) kalo posisi sedang dibuka slide agak goyang gt, apanya yah yg hrs diperbaiki ?

    thx

  6. Mau tanya nih, kalo antara casing depan n blkg sedang di posisi dibuka slide, sangat berasa sekali goyang gt, tp kalo ditutup slidenya ga goyang sih, knp yah ?

    thx

  7. thx. sangat membantu tutornya..
    w910 punyaku, ga bisa lock/unlock tiap kali buka/tutup slide. kira2 knp y? thx

      • mkasih dah dijawab. mau tny lg🙂
        cara perbaikinya, apa musti diganti/beli sensor baru lg? kira2 brapa harganya? thnks a lot.

  8. Mau tanya nih sob.. Asal mula tombol atas ada yang tdk fungsi 3 buah,trs tak ganti fleksinya bs normal lg, tp kog lcdnya gk mau hidup. Pdhl tak cb untuk miscal nomer hafalan udah bs,dimiscal jg bs bunyi hpku. Dlm kt laen smuanya normal. Cm g ada gmbrnya,apa emang lcdnya yang rusak sob? Atau apa ada yg laen? Kr2 harga lcd nya brp ya? Trims.

  9. saya mau bertanya…kayped atas pada soni w 901 i saya tak berfungi pada hal fleksibel nya telah di ganti..
    mohon petunjuk nya

  10. Tolong admin yg ngpunya Blog ini……..Saya Minta Share dong cara ngebuka/ganti Flexible ama LCD buat Sony Ericcson G705 …Tolong yang …..Lg Butuh baget mau ngeganti flexible ama LCD …Pls yah………..!!! sebelumnya saya ucapkan makasih……….

    Salam

    FUrqan

  11. saya pengguna sony ericsson tipe w910i tapi akhir2 ini hap ini sering mati sendiri atw restart trus hidup lagi yanmg mau saya tanyakan kenapa hp saya seperti itu trus kenapa juga setiap saya memmencet tombol2 nya yg bagian atas antara tombol navigasi dan lainnya selalu tampak di layar lambat sekali aplikasinya keluar baik itu tampilannya maupun membuka menu yang ada.atas jawabannya saya ucapkan terima kasih….

    • Klo secara “full disassembly” sih belum. Postingan ini lebih fokus untuk bagaimana cara mengganti lcd sendiri. Mungkin dilain waktu akan saya bahas secara lengkap. Harap maklum. Trim’s ^_^

  12. saya pnya SE W910i,ko sering nge restart trus.tu kenapa ya?ada cara yang bagus ga supaya hp saya bisa normal kembali?

    • Hp tersebut perlu di install ulang. Silahkan hubungi service centre terdekat yang Anda percayai🙂

  13. numpang tanya, knp se w910 saya tiba2 panas &langsung mati batrex ud gak bisa d caz kmbali/rusak, saya coba batre laen bisa hidup tapi langsung panas juga…. mohon bantuanx. ni imail saya ;kikinfaisol@gmail.com

  14. tolong dong kash solusinya bos….gw punya r306 uda ganti lcd flexibel tp layar gk mau nyalah jg bos tolng solusi nya ya……by rz

    • Coba ganti dengan spare part yang sudah dipastikan bagus (sudah di coba di type yang sama dan berfungsi baik). Jika tetap blank, ada kemungkinan kerusakan pada jalur / ic display.

  15. Bos.Nanya w910 saya ga’ bisa dihidup,,,,tpi klo dicaz lampu tombolmenu nyala…yang rusak apanya yach,,,tolong dong soalnya hp kenangan

  16. hp w910i q g bs nyala.. klo dicharge, nyala bentar trus mati lg,, sebelumnya jg sering restart sendiri n batrenya panas,, parah deh!!

  17. Gan saya punya hp sony w910i tpi hpNy blenk truz gan??
    kalo buka slid ke atas gambar layarNy tu hancur ga tentu arah gt?
    itu yg rusak apanya ya gan…
    mohon di balas gan??

  18. Bos apakah memang tipe w910 ini memang rentan fleksibel putus ya? sekali ganti fleksibel paling-paling tahan 1 bulan. mohon di kasih tip agar fleksibel tahan lama! Thank’s

    • Jika kondisi casing masih utuh, slidingnya masih sempurna biasanya flexiblenya awet, paling tidak enam bulan keataslah daya tahannya. Faktor kualitas flexible juga ikut menentukan, pilihlah yang original atau ynag kualitas sedikit dibawahnya. Pengalaman saya yang murah dan mendekati original flexible merk LTE.

  19. kasus waktu hp slide k atas lcd g mau tampil klo g dpencet manual tombolnya!!!
    ane bonkar tu casing g ada magnetnya!!! flex ok!,lcd ok!,papan tombol ok!
    1 w910 otomatis magnetnya sebelah mana gan!! g punya hp jenis sama gan g bisa compare
    2 ato g pake magnet pake otomatis jenis lain!!!
    atas solusinya trm kasih sblumnya gan!!!

    • Coba tanya di toko spare parts hp, terkadang mereka jual magnet “cabutan hp”. Atau dicuilkan magnet dari mainan anak-anak Gan, ya diaturlah agar ukurannya bisa pas di kotak magnet hpnya🙂

  20. Bagaimana klo ganti fleksibel se w705 sob! Saya kesulitan lepasnya. Tolong bantuan tutorialnya. Thanks

Tinggalkan Balasan

