Bukan Kisah Pembobolan ATM Tapi Ponsel !


Dunia perbankan saat ini sedang guncang karena pembobolan dana nasabah lewat ATM dan internet banking. Walaupun sudah ada pelaku yang tertangkap aparat kepolisian namun tetap saja membuat was-was para nasabah lain, termasuk saya sendiri yang ikutan sibuk ganti pin secara berkala. Dilain pihak saya juga akan berbagi sebuah kisah nyata tentang usaha pembobolan, bukan kisah pembobolan ATM yang sedang ngetrend namun ini adalah pembobolan ponsel !🙄 Kisah tragedi penipuan terhadap 3 orang pemuda lugu yang siang itu datang kepada saya untuk minta tolong memeriksa ponsel Nokia 5800 Xpress Music yang baru mereka beli dari seseorang di terminal bus Senen. Menurut cerita mereka sedang jalan-jalan dan tiba-tiba dihampiri seseorang ditawari ponsel Nokia 5800. Orang ini menjual ponsel karena butuh uang. Ketiga orang ini sangat tertarik dengan tawaran ponsel high end tersebut apalagi ditawarkan dengan harga murah. Singkat cerita akhirnya salah satu mereka sepakat untuk barter dengan Nokia 5300 plus tambah uang 100 ribu rupiah. Dan saat ini saya sudah menggenggam Nokia 5800 tersebut untuk saya periksa. Setelah saya pegang dan amati sebentar dengan menyesal saya mengatakan bahwa mereka baru saja menjadi korban penipuan ponsel. Sejenak mereka tertegun tak bisa berkata sepatah katapun. Saya prihatin dengan mereka yang tampaknya pemuda yang jujur. Terkadang jujur pun belum tentu mujur. Saya pun menjelaskan kepada mereka bagian – bagian ponsel tersebut agar yakin kalau mereka mendapatkan ponsel palsu. Inilah ponsel Nokia 5800 palsu yang akan saya beberkan untuk sobat setia plentiswae agar selalu berhati-hati dalam membeli sesuatu.

Dilihat sepintas memang mirip dengan Nokia 5800, beratnya pun mirip asli. Mungkin mirip dami ( contoh ponsel mainan yang biasa di pajang di etalase konter ). Tapi bukan, karena faktor selanjutnya menjelaskan kalau ini tidak sama dengan dami.

Faktor utama yang satu inilah yang membuat pemuda-pemuda tadi terkecoh yaitu si penipu mengaku kalau ponselnya telah dipakai semalaman sehingga baterainya habis dengan sembari menekan tombol on off lalu ponsel pun menyala putih dengan tulisan NOKIA lalu mati lagi. Padahal tulisan NOKIA tersebut sudah tersablon di layar lcd palsu yang hanya menyala warna putih karena disinari led putih

Bahkan tak lupa dilengkapi dengan stylus, hebat bukan ?:mrgreen:

Inilah keadaan ketika tutup baterai di buka


Cukup meyakinkan karena dilengkapi kamera, flash, stiker IMEI, baterai BL-5J dan baut. Dari segi baut yang dipakai baut plus (+) dan bukan baut T6 seperti ponsel kebanyakan

Ketika kaca casing depan dibuka, terlihat lcd palsu dengan konektor anehnya. Juga dilengkapi keytone agar tombol ketika ditekan seperti asli.

Saatnya membuka mesin utama dan apakah yang ada sobat ? Tidak satupun mesin disana😦

Hanya terdapat lempengan besi sebagai pemberat, tombol switch on off dan kabel

Saya juga penasaran dengan baterainya, apakah asli baterai ponsel ataukah bukan. Hmmm inilah dia si BL-5J



Ternyata bukan elemen, tapi berisi 2 buah sejenis baterai BIOS atau baterai jam. Tentu tidak dapat di charge. Sadis !👿

Demikianlah modus penipuan model baru yang menuntut sobat selalu berhati-hati dalam melangkah. Ingat pesan bang Napi : waspadalah waspadalah !

* Baca juga :
Foto Hot dunia ponsel
[survey] Hati-hati ! Banyak ponsel hilang saat Natal
Kisah kematian ME75
Melongok teknologi terbaru ponsel 2010

23 comments on “Bukan Kisah Pembobolan ATM Tapi Ponsel !

  1. Gila..gila..!Tidak menyangka sampai demikian hebatnya cara untuk menipu..
    Di zaman yang segalanya mahal ini, memunculkan “ide-ide kreatif” dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang..
    Yang penting teliti sebelum membeli ya, bos…Peace

    Salam kenal juga

  2. Wah,wah,wah….
    Ada pnipuan model br nich,tp mksh tas infox bs buat qt smua lbh hti2 lg.

    Mas plentis nmr hpx gnti y ? Klo y tlong ksh tau k sya dong nmerx yg br.
    Sis_gplek

  3. Wah,wah,wah…
    Ada modus br pnipuan hp nich.mksh gan atas inpox,ini bs qt jdiin plajaran agar qt lbh hti2 dlm mmbli brang.

    mas plentis gnti nmer hp y ? Tlng krimin nmr brux y !
    Sis_gplek.

  4. nah, gini tadi siang gw di surabaya, liat iklan di jawa pos, coba kalian pikir masa ada hp N97 dijual cuman 1,5 juta, gila ga, sapa g pingin, jelas gw ke sana niat mo tarek hp nya, tapiiii….
    nah abis gw ke sana liat sendiri barangnya, OMG dari fisik sih sip nilai 90, tapi aneh banget, iconnya jelek, touchscreen parah, mencet2 g masuk2, trus parahnya suaranya pecah abis, kamera belakang katanya 5 MP, tapi gw coba lo max cuman resolusi VGA, yg paling kejam, baterenya gw copot, trus liat tulisannya, sama yg jual dihapus tulisan made in nya, tapi berhubung gw cukup paham soal hal2 ini, jelaslah kliatan bahwa itu tulisan made in CHINA!!, yah sukur gw g jadi beli, tapi gw kasian sama orang yg bakal bli tu hp, moga2 gak ya, pasti ketipu,soalnya lengkap, dos, charger, manual book komplet
    ps: nama tokonya SMILE cell, jalan MANYAR SURABAYA
    ingat jgn pernah bli di sana Fxxxxxxk yg jual!!!

    • Inilah kisah lain model penipuan ponsel. Kemungkinan ini ponsel N97 tiruan produksi home industri di China. Mestinya penjualnya jujur kalo ini tiruan agar pembeli tidak kecewa, toh produk China saat ini sudah mulai digemari masyarakat kita. China sendiri memang sengaja membuat produk tiruan ini, tapi kualitasnya ….hmmm.
      Silahkan lihat postingan tentang produk China di Shanzai Ji. Trim’s😉

  5. gila benerrrr.jaman skg hp aj bsa dipalsuin, apalagi kyk hp diatas kliatanya aj asli padahal bukan…..
    Waspadalah yah temen2 klo maw bli hp, teliti sebelum membeli

Tinggalkan Balasan

