Si Plentis China Berjuluk Shanzai Ji



Jangan salah sangka, plentis disini adalah analogi saya untuk ponsel atau handphone. Untuk sobat setia plentiswae ini tidak asing, tapi bagi sobat yang baru kenal dengan blog ini tentu agak bertanya-tanya, what’s plentis ? Baiklah terlepas masalah kenal mengenal si plentis, selepas tahun baru Imlek 2561 cuaca Jakarta hari ini kembali menghangat oleh sinar mentari🙂 . Karena sehari sebelumnnya mentari selalu malu menampakkan dirinya dan hujan yang tiada henti yang tentunya banjir langganan kembali melanda Jakarta di beberapa wilayah😦 . Hari ini saya akan berbagi cerita si plentis dari negeri tirai bambu China. Cerita tentang Shanzai Ji yang fenomenal. Apa dan siapa mari sobat simak cerita selanjutnya.


Merek-merek ponsel di China mirip-mirip alur cerita novel-novel J.K. Rowling : penuh kejutan. Sesekali mainlah ke Shenzhen. Akan didapati merek-merek ponsel yang membuat kening sobat mengernyit. Lihatlah, ada merek NOKLA (bukan NOKIA). Ada juga iPhome (awas, bukan iPhone):mrgreen: . Bentuk ponsel itu mirip ponsel bikinan merek-merek ternama seperti Nokia, Motorola, SonyEricsson, atau iPhone. Harganya tentu lebih miring daripada aslinya. Soal kualitas bahan maupun keandalan ponselnya jangan ditanya. Mereka mengincar pasar orang-orang yang menginginkan ponsel gaya tapi berharga di bawah sejuta rupiah. Biasanya ponsel jenis ini dijual di pasar gelap atau wilayah miskin seperti Afrika, sebagian merembes ke Indonesia. Di China, ponsel-ponsel seperti itu dibuat oleh pabrik kelas rumahan dengan karyawan cuma belasan orang. Di sana mereka menjulukinya Shanzhai Ji atau ponsel bandit. Di negeri itu, ada 3.000-4.000 pabrik ponsel bandit. “Tak akan bisa bersaing melawan mereka. Tak akan,” kata seorang petinggi produsen ponsel Huawei Technologies. “Sekarang nyaris mustahil mendapat untung karena mereka,” dia menambahkan. Mengerikan? Mungkin. Tapi lihatlah dari sisi yang berbeda, betapa kreatifnya para kapitalis negeri China itu. Saking kreatifnya, para produsen ponsel bandit itu kini malah sudah masuk ke level berikutnya. Saya menyebutnya ponsel bandit 2.0.

Sebagian dari mereka tidak memalsukan merek atau menirunya mentah-mentah. Mereka menyisipkan teknologi baru yang tak pernah terpikir oleh para insinyur Nokia atau Motorola. Contohnya, mereka menambahkan lampu ultraviolet sebagai pendeteksi uang palsu, layar lebar dan tombol besar untuk pasar orang jompo, memasukkan televisi pada ponsel, membuat satu ponsel dengan 2 atau 3 SIM card sekaligus, bahkan memasukkan pengeras suara ekstra untuk penggemar musik atau para petani yang tidak bisa mendengar ponselnya karena bekerja di luar rumah. Ide Shanzai Ji 2.0 itu benar-benar gila dan tak terduga.

Bahkan menurut Jack Linchuan Qiu, profesor komunikasi Universitas Hongkong, ponsel bandit merupakan pijakan bagi para kapitalis China untuk tumbuh. “Industri ponsel bandit itu telah menumbuhkan semangat melahirkan inovasi yang luar biasa di kalangan akar rumput.” Belajar dari filosofi industri ponsel bandit itulah beberapa produsen ponsel Cina berani menantang merek-merek dunia dengan sentuhan inovasi. Nexian contohnya, meluncurkan ponsel Nexianberry, yang bentuknya seperti BlackBerry atau Nokia E75. Meski desainnya meniru, Nexianberry di Indonesia dalam 2-3 bulan telah terjual 300 ribu unit😛 . Seorang teman sampai geleng-geleng kepala melihat antrean pembeli ponsel ini di pameran komputer. Butuh lebih dari 45 menit untuk mendapatkan ponsel ini saat di pameran. “Yang antre itu banyak juga yang ibu-ibu cantik, berpakaian mewah, dengan hak 10 sentimeter dan menggunakan tas Guess. Mengapa pemilik Guess ikut antre ponsel dengan harga di bawah sejuta?” tanya dia.

Bagaimanapun, Cina adalah peniru yang bijak. Mereka paham tak bisa hidup hanya dengan meniru. Mereka menyisipkan inovasi dan tetap menyodorkan harga murah. Setelah ponsel, sepeda motor, mobil, kini para Shanzai Ji merambah ke industri laptop dan kamera digital. Buruk atau kreatifkah mereka ? Profesor Liu punya jawabannya. “Setiap kesuksesan butuh shortcut atau potong kompas.”

Bagaimana menurut sobat ?🙄

* Sumber :
http://blog.tempointeraktif.com/

* Baca juga :
Master reset ponsel China
Virus iPhone pertama ! Ternyata buatan warga Australia
Unlock dan kode reset ponsel Samsung

8 comments on “Si Plentis China Berjuluk Shanzai Ji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s