Raw Formatter



Pernahkah Anda mengalami MMC atau Flasdisk tiba-tiba berkapasitas 0 bytes ketika membuka Properties pada perangkat tersebut ? Padahal perangkat flash Anda bisa dibilang masih baru, namun karena suatu hal misal virus atau lainnya tiba-tiba file systemnya berubah menjadi RAW. RAW sendiri berarti mentah, belum diproses. Jadi RAW data adalah data yang masih mentah, yang belum diolah oleh komputer. Biasanya data system yang bisa diolah komputer berjenis FAT, FAT32 atau NTFS. Perangkat flash yang berjenis RAW tidak bisa di format dengan cara biasa. Bisa diformat dengan menggunakan metode tertentu yaitu dengan program Computer Management yang ada di windows atau pakai program pihak ketiga salah satunya yaitu HP USB Disk Storage Format Tool.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan program yang sudah ada di windows yaitu Computer Management, maka silahkan klik Start > Control Panel > Administrative Tools lalu pilih Computer Management.

Pada jendela kiri bawah Computer Management klik Disk Management. Lihat pada jendela kanan bawah Computer Management pilih drive MMC atau Flashdisk Anda lalu klik kanan mouse kemudian pilih Format.

Untuk MMC biasanya menggunakan system file FAT, jika flashdisk FAT32 lalu klik OK. Tunggu sampai proses format selesai.

Untuk cara lain mengatasi system RAW adalah menggunakan program buatan Hewlett Packard yaitu HP USB Disk Storage Format Tool. Sejatinya tool ini digunakan untuk memformat flash memory berjenis SD Card, namun program tersebut bisa digunakan juga untuk jenis memory flash lainnya termasuk MMC atau Flasdisk. Program ini bisa sobat unduh disini. Setelah Anda unduh ke PC, install program kemudian jalankan. Pada Device pilih drive tempat memory flash berada, misal di E:, pada File system pilih FAT / FAT32 / NTFS lalu klik Start untuk memulai.

Pada jendela dibawah ini pilih YES.

Program akan terlebih dahulu mempartisi memory flash dan kemudian memformatnya. Nah setelah proses format diatas selesai Anda dapat menggunakan kembali MMC atau Flashdisk untuk menyimpan data. Jika cara diatas tidak mampu menormalkan system RAW, maka silahkan hubungi penjual MMC atau Flashdisk untuk menukarkannya. Itupun kalau masih bergaransi😆.

Sekian dulu tulisan saya, semoga bermanfaat😉

* Baca juga :
Unlock, formatting dan recovery mmc
Tips MMC / MicroSD atasi restart Nokia 3110 classic

37 comments on “Raw Formatter

    • Klo kondisi RAW saya belum pernah coba recovery, tapi setelah di format 1X lalu di recovery saya pernah coba dan bisa🙂

  1. gan, kq q dah cbak lwat disk management tetep ggak bisa ea????

    hbis q format muncul tulisan disk not format completed,,,,,,,,,
    q pkek window xp………
    gmana nh gan,,,,,,mhon bantuannya,,,,,,

    • Saya kira semua data yang di format pakai program format apapun pasti hilang, namun ada kemungkinan bisa di recovery jika : 1. Masih 1X format, 2. MMC masih terdetek PC setelah di format.

  2. gan kalo disk F nya ‘unallocated’ gimana?
    yg lain kan statusnya warna biru tuh, nah ini mah warna hitam,, jd g bisa d format, gimana tuh?

  3. kok tetep gg bisa ya kak…
    trus ada tulisannya ‘the format did not complete successfully’..
    au coba brkali kali kok tetep gg bisa yaa…
    huh

    • Wah mungkin mmc / fd sudah rusak permanen. Atau coba bersihkan permukaan tembaga pada mmc dengan karet penghapus pensil, lalu coba lagi di format. Smoga membantu🙂

  4. punya ane memory stik…waktu di format siii sukses terus pasang lagi ke kamera terus coba jepret en ketik dibuka kekompi gak muncul filenya dikompi…..jadi herman sayaaa…….

  5. udah dicoba tp ga bisa juga ya..tulisannya the format did not complete successfully..udh dicoba pake penghapus ga bisa jg..pk program apapun ga bisa jg..gmn y??

  6. misi gan gan ane mau tanya ni kemarin ane partisi sdcard ane cuma ane format lewat lepy malahan eror pas ane isi lagu trus ane colokin ke usb yg bisa di slotkan sdcard mlhan gak mau mutar biasa nya bisa itu kenapa yah….
    mohon bantuannya ane uda keliling cari permasalahn di google gak nemu2 cara nya gak tahu apa mungkin ane lagi nasib sial kale gan😀

  7. kalo sd card yang penuh, lalu data dihapus tapi kemudian ter-restore sendiri itu apakah bisa pake cara ini juga untuk memformatnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s