Emulator Game Ponsel


“Hajar aja kakinya,  jangan loncat dulu,  tendang kepalanya aja, eeittts dia bales pakai ilmu nih, yaaa game over deh”. Ya itu tadi sepenggal percakapan para sobat yang lagi asyik main game di ponsel. Seru, tegang dan tentunya fun karena bisa menghilangkan kejenuhan dalam rutinitas sehari-hari. Game ponsel saat ini yang banyak dipakai bersystem java dan symbian. Bisa sobat dapatkan dengan mudah lewat gerai download atau cari-cari lewat googling di internet. Untuk mengetahui atau sekedar preview game tadi tentunya sobat install satu-persatu ke dalam ponsel, jika tidak cocok ya diuninstall.

Boleh saja sih pakai cara tadi tapi bisa menimbulkan permasalahan seperti : tidak praktis banyak menyita waktu, mengakibatkan banyak file sampah akibat proses uninstall yang tidak sempurna dan usia memory ponsel lebih pendek karena sering bongkar pasang game atau aplikasi lainnya. Solusi terbaik adalah memakai emulator untuk memainkan game ponsel di komputer sobat. Program ini bisa disebut juga Game Preview. Emulator game ponsel yang saya rekomendasikan adalah SjBoy Emulator dan NgageCool. Perlu diketahui emulator game ponsel hanya bisa untuk mereview game atau aplikasi berbasis java saja. Program emulator ini bisa sobat download di box donlot wae.
Adapun aturan pakainya sebagai berikut.

SJBOY EMULATOR

1. Install terlebih dahulu program SjBoy Emulator di komputer. SjBoy Emulator akan langsung mengasosiasikan semua file java di komputer sehingga game atau aplikasi java mempunyai icon yang sama dengan SjBoy. Jika game java tidak terasosiasikan maka bisa tetap dibuka dengan cara : pada game java klik kanan mouse > open with > choose program > browse program files > pilih folder SjBoy Emulator > pilih sjboy > open.
0

2. Siapkan game java sobat. Ciri game java berekstensi jar. Jika sobat tidak mengetahui ekstensi file gamenya, maka bisa dilihat dengan pilih menu tools pada windows explorer.
1

3. Pada folder option > view > geser kebawah pilih “hide extensions for known file types”
2

4. Lalu hilangkan tanda centangnya kemudian apply > ok.
3

5. Sekarang game java sudah terlihat dengan adanya ekstensi jar seperti pada gambar.
4

6. Klik dua kali game java tadi jika iconnya sudah sesuai dengan SjBoy atau jika icon
tidak sama lakukan seperti cara no.1
5

7. Nah sekarang sobat sudah bisa memainkan game java di komputer dengan menggunakan tombol keypad yang ada pada emulator tsb. Skin yang tersedia adalah Nokia 3100, N70, Motorola V300 dan SE K750. Skin otomatis menyesuaikan dengan resolusi layar game yang akan dimainkan, misal jika game yang dimainkan punya resolusi layar 128X128 maka emulator akan menampilkan skin Nokia 3100 dst. Catatan : jika game tidak bisa berjalan di emulator ada 2 kemungkinan yaitu pertama resolusi yang dipakai game tsb diatas 176X220 ( bisa 240X320, 208X208 atau lainnya). Yang kedua game tidak kompatible dengan emulator.
6

NGAGECOOL

Hampir sama dengan SjBoy, emulator NgageCool juga bisa untuk membuka atau memainkan game atau aplikasi java di komputer. Program NgageCool tidak perlu di install, langsung bisa dijalankan. Untuk menggunakannya cukup browse dimana file jar berada dan klik dua kali untuk memainkannya. Navigasinya sama menggunakan keypad pada emulator. Ada dua skin yaitu Ngage Classic dan Ngage QD. Program ini dapat sobat jumpai di tempat seperti biasa, ya benar donlot wae box.
a

b

Oke sobat selamat nge-Game ria, bye bye……

3 comments on “Emulator Game Ponsel

    • good idea, tetapi butuh program pendukung yang menurut saya besar kapasitasnya, nanti kasihan yang upload dan downloadnya. trim’s atas sarannya.

Tinggalkan komentar