Angpao Speaker dan Mic Off Dari Telkomsel



Pagi itu hari libur Imlek, ada seorang pelanggan saya datang untuk memperbaiki ponselnya yaitu Sony Ericsson K700 yang tidak keluar suara speakernya. Wah ada Angpao dari servisan nih, pikir saya dalam hati. Terlihat K700 mengunakan operator Telkomsel. Prosedur standar saya terapkan, saya tanya kronologisnya, tanya juga apakah pernah kena air, jatuh atau hang dll. Setelah itu giliran saya mendiagnosis ponsel untuk menguji kebenaran data interogasi tadi. Wealaah, bahasanya kayak agen intelijen aja :mrgreen: Ternyata tidak hanya speaker saja yang off tapi mic juga off alias penerima telepon tidak bisa mendengar suara si penelepon. Setelah jelas kerusakan di bagian speaker dan mic, negoisasi biaya service pun dilakukan dan sudah disepakati. He he he …. yang ini rahasia 😉 Si pelanggan pun pergi dari konter dan berjanji akan mengambil ponselnya 3 hari kemudian, menunggu gaji mingguan. Selang beberapa menit kemudian ada lagi pelanggan yang bermaksud menservis ponselnya dengan keluhan yang sama, speaker dan mic off. Operator yang dipakai pun sama yaitu Telkomsel. Aneh ? Kenapa selalu speaker dan mic yang tidak berfungsi ? Hal ini jarang terjadi, biasanya salah satu yang rusak, tetapi pagi ini ada 2 pelanggan yang mempunyai problem serupa. Hmmm, setengah tidak percaya saya melakukan call out dan call in pakai Simpati dengan ponsel konter yang saya ketahui sehat. Dan hasilnya mengejutkan, saya menemukan problem yang sama dengan pelanggan yaitu speaker dan mic off, padahal panggilan tetap berjalan artinya ada sinyal yang dapat melakukan panggilan dan penerimaan sehingga pulsa pun ikut berkurang 😦

Dan tak lama kemudian ada lagi pelanggan yang datang ke konter dengan keluhan yang sama, terhitung sudah 7 orang lebih sampai konter tutup jam 22.00. Wah batal dapat Angpao nih pikir saya, K700 akhirnya saya kembalikan ke pelanggan karena ternyata tidak bermasalah. Yang bermasalah adalah jaringan Telkomsel dan ternyata yang mengalami gangguan speaker dan mic off ini hanya didaerah saya saja. Saya ketahui setelah ada pelanggan yang saat itu berada di kecamatan tetangga tidak mengalami trouble seperti ini. Parahnya kondisi speaker dan mic off berlangsung 3-4 hari. Entah di daerah lain apakah mengalami kejadian serupa ? 😆
Jadi intinya jika Anda mengalami speaker atau mic off mendadak, jangan keburu di service. Cobalah di lain hari atau lain tempat apakah masih dengan trouble yang sama ? Tapi lain halnya jika Anda yakin kalau konter service ponsel langganan Anda itu jujur. Anda dapat langsung memeriksa trouble ponsel Anda.

Pengalaman adalah guru terbaik. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya. Salam 🙂

* Baca juga :
Kisah kematian ME75
Bukan kisah pembobolan ATM tapi ponsel !
Inilah korban perang tarif antar operator

2 comments on “Angpao Speaker dan Mic Off Dari Telkomsel

    • Coba di ingat, apakah ponsel Anda pernah kemasukan air ?
      Jika jawabannya : Ya, maka buka casing ponsel LG GW 300 dan bersihkan lempengan piring metal bulat kecil dari noda bekas kena air tersebut. Kebanyakan error sering terjadi dari adanya kotoran bekas air yang ada di bagian keypad. Semoga membantu 🙂

Tinggalkan komentar